Senin, 19 Desember 2016

RSIA BUAH HATI CIPUTAT

Kehamilan adalah anugrah luar biasa dan hebatnya tiap orang hamil punya cerita yang berbeda. Kehamilan anak pertama cukup sering buat gue bolak balik cek rumah sakit (maklum anak pertama masih panik bawaannya).

Suami dari awal punya keinginan supaya nantinya melahirkan di rumah sakit Ibu dan Anak jangan di Rumah Sakit Umum. Oleh karena itu, sempet hunting beberapa rumah sakit  dan dokter yang cocok. Awalnya ke rumah sakit swasta deket rumah dan pernah juga ke rumah sakit dan dokter yang direkomendasi ibu-ibu di forum ibu hamil tapi antrinya ampun-ampunan, sempet coba dokter sana sini yang katanya favorit orang tapi belum tentu favorit buat kita, oleh karena itu akhirnya memilih di RSIA Buah Hati Ciputat dengan dokter Irwan Eka Putra, SpOG. Beliau praktik tiap hari Minggu di RSIA Buah Hati dan menurut saya dan suami kami cocok dengan beliau dari awal karena pertama orangnya asik cukup ramah dengan pasien, ga pelit informasi, USG 4 Dimensi, mudah dihubungi bahkan di whatsapp pun mau jawab, plus sabar banget menghadapi ibu hamil  yang panikan dan bawel banget nanya terus dan paling penting nilai plusnya adalah praktek hari minggu pagi.

Setelah beberapa kali kedatangan akhirnya coba cek kamar dari awal pun sudah langsung tertarik di VIP lantai 3 nya karena suasananya lebih tenang dan kamarnya terlihat masih baru, kalau di lantai 2 digabung dengan rawat anak katanya jadi suasananya memang agak lebih ramai.

Semenjak hamil, karena sering membaca forum ibu hamil, akhirnya dapatlah banyak info seputar kehamilan salah satunya perihal Ketuban Pecah Dini (KPD).  Salah satu info yang sangat bermanfaat adalah pengecekan ketuban menggunakan Kertas Lakmus Merah (Dapat dibeli Online). Caranya adalah apabila ada cairan yang keluar dari 'Miss V' bila itu ketuban maka Lakmus Merah akan berubah menjadi Biru. Tanda tanda pecah ketuban terasa dan untungnya masih rembes jadi bolak balik ke RS bukan karena dokter yang nyuruh tapi emang guenya aja panikan kayaknya. Dokter bilang kapasitas ketuban masih cukup, bayi sehat, ketuban jernih, tapi berhubung panikan akhirnya yang tadinya disuru dateng 2 minggu sekali eh gue uda muncul lagi 3 hari sekali.

Setelah sempat nunggu satu minggu lagi sekitar usia kehamilan 39 minggu akhirnya dokter memutuskan induksi dengan harapan emang bisa melahirkan normal. Namun sempet pesimis karena berat badan naiknya 30 kg sebenernya dokter udah peringatin tapi berhubung gue suka nyemilin nasi jadi mau bagaimana lagi bengkak akhirnya dari 45kg menjadi 75kg. Dokter dan suster di buah hati support banget untuk bisa lahiran normal, masih terngiang di telinga "ikhtiar dulu ya bu" akhirnya dicoba ikhtiar dengan 2 botol infus selama 24 jam lebih plus sempet ngerasain mules sampe 3 menit sekali eh balik ke 5 menit , 3 menit lagi eh balik ke 5 menit tapi pembukaan pas di cek masih 1 terus tanpa kemajuan akhirnya diputus untuk melahirkan cesar pada pukul 23.00.

Nilai tambahnya adalah semua proses induksi tersebut dilakukan di kamar rawat inap bukan diruang bersalin jadi lebih enak bisa nonton tv, nyanyi-nyanyi, dzikiran, ngaji, makan ngemil makan ngemil dll . sering denger temen-temen induksi di ruang bersalin belum kalau ada orang lahiran lain di sebelah suasananya gak nyaman jadinya. Selain itu, pasca melahirkan ada fasilitas cuci rambut, creambath, pijat, facial dari rumah sakit jadi sangat membantu buat ibu yang masih lelah pasca melahirkan. Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pun dilakukan dengan baik, proses ibu untuk memberi ASI pun dikontrol dengan Bidan dan Susternya selalu. Makanan juga terkontrol dengan baik, rasa juga enak jadi selama di rumah sakit happy karena bisa makan ngemil makan ngemil. So far puas dengan pelayanan rumah sakit ini. Anak kedua dan seterusnya juga rencananya disini lagi semoga dokter Irwan masih sabar dengan ibu bawel yang satu ini.

Malaikat Kecil itupun lahir dengan berat 3.1kg dan panjang 50cm.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar