Rabu, 18 Maret 2015

WHAT A LIFE !

Ada satu hal yang saya sadari ketika beranjak dewasa adalah betapa penting dan sulitnya ilmu manajemen 

1. Manajemen Waktu
2. Manajemen Keuangan

Selepas saya menempuh gelar sarjana, saya mulai disibukan dengan hal-hal terkait pekerjaan, kemudian saya mengambil kuliah master dengan harapan akan lulus tepat waktu namun kenyataannya tidak mudah.

Dari pengalaman saya, pertimbangkanlah hal berikut saat memilih menjalani kuliah sambil bekerja diantaranya :

1. Masalah Manajemen Waktu

Penting untuk mempertimbangkan manajemen waktu, apalagi kalau kuliah yang diambil menuntut lebih banyak waktu untuk melakukan penelitian dan tugas. Karena bagaimanapun ternyata hidup harus memilih dan fokus pada satu tujuan. Ketika kehidupan pekerjaanmu berakhir baik, ternyata kehidupan kuliah belum tentu berakhir baik pula. Hal ini akan terasa ketika semester terakhir saat menjalani thesis dan penelitian. So, just prepare your self ! Atur waktumu sebaik mungkin, ada baiknya mencari pekerjaan yang lebih fleksibel agar kedua hal antara kerja dan kuliah akan berakhir seimbang. Pada semester akhir hal yang harus dilakukan adalah bolak balik bimbingan, bolak balik revisi, dan bolak balik dari kantor ke kampus, kampus ke kantor. Dosen tidak selalu setiap hari dapat kita temui, Kantor pun  tidak selama nya dapat memberikan kita kebijakan untuk pergi. Bagaimanapun kita harus kuat menghadapi hal ini.

2. Masalah Manajemen Keuangan
Sebagai sosok yang semakin dewasa, kita harus mampu mengatur berbagai pengeluaran. Bagaimanapun kuliah sambil bekerja akan memakan banyak uang karena mobilitas yang cukup tinggi. Hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah memiliki kampus yang tidak jauh dari tempat bekerja. Semakin jauh kampus, semakin besar pula biaya yang harus kita keluarkan untuk transportasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar