Senin, 30 April 2012

Hey, “Big Results Come From Small Things” !


Belanda merupakan sebuah negara yang didominasi oleh air dimana wilayahnya sebagian berada dibawah permukaan laut serta memiliki hasil cipta yang cukup baik terutama di segi inovasi berkaitan dengan sistem air (water management). Sebuah negara di bawah air dengan pengelolaan air yang begitu baik terbukti dengan hampir tidak pernah kan kita mendengar kabar Belanda kebanjiran Itu karena di Belanda memang terdapat begitu banyak waduk yang mampu menampung debit air.
Bicara soal inovasi di Belanda,  kita dapat melihat dari hal sederhana yang begitu dekat dengan keseharian yaitu Keran Air. Di negeri ini, keran air  bukan sekedar keran air, karena dikelola  serta terus dikembangkan secara kreatif dan inovatif sehingga mampu menghasilkan air keran berkualitas baik serta layak minum. Saat ini, "water from the tap"  seperti yang ada di Belanda memang sudah cukup banyak ditemukan pada beberapa negara  namun tetap Belanda memiliki sisi unggul sendiri karena perlu diketahui pengelolaannya sudah ada melalui hasil pembangunan dalam waktu yang sangat lama sekitar 150 tahun yang lalu. 
Jadi, sebenarnya gambaran tersebut bisa dilihat secara sederhana melalui hal berikut ;
Big results      : Air keran berkualitas

Small things   : Keran Air


Istilah big results come from small things mungkin dapat menjadi istilah tepat untuk menggambarkan bagaimana suatu inovasi yang begitu kecil dan sederhana seperti keran air dapat menghasilkan hasil yang luar biasa berupa Air keran layak minum yang berdampak luar biasa bagi kesehatan orang-orang yang bermukim di Belanda. Keran air, melalui pengelolaan yang baik di Belanda, memberi dampak bagi  kesehatan penduduk sehingga menurunkan resiko penyakit. Perlu diketahui bahwa  sekitar tahun 1850, angka kematian akibat pencemaran air seperti thypoid dan kolera cukup tinggi sehingga diperlukan adanya pengelolaan air bersih. Ketersediaan air bersih begitu penting, karena dengan air bersih terbukti akhirnya angka kematian akibat penyakit tersebut berhasil dikurangi.
Bila dibahas lebih lanjut lagi, adanya keran air layak minum ini juga menunjukan sisi kreatif dan inovatif sebagai solusi lain menekan penggunaan air kemasan. Sistem ini mampu menghasilkan air keran layak minum berkualitas baik untuk dikonsumsi sehingga orang tidak perlu mengkonsumsi air kemasan yang belum tentu sehat. Penggunaan air kemasan juga memberi peluang meningkatnya sampah plastik. Sampah plastik yang menumpuk sudah pasti tidak ramah lingkungan yang nantinya menyebabkan adanya masalah kebersihan serta kembali lagi terkait dengan masalah kesehatan.
Kualitas air keran di Belanda tidak perlu diragukan. Air minum tersebut pada umumnya didapat dari pengelolaan air tanah atau permukaan yang disaring berulang-ulang serta melalui proses ozonisasi dan juga proses penghilangan kuman. Dari proses panjang tersebut, air keran yang dihasilkan terbebas dari zat-zat pencemar yang mengkhawatirkan seperti Klorin, Nitrat, dan lain-lain. Kualitas air di Belanda ternyata memiliki reputasi yang sangat baik dibandingkan Negara Eropa lainnya. Air kerannya begitu aman dan bersih, alirannya pun 24 jam non stop ! . Ternyata, keran air berhasil menjadi si  kecil yang memberi hasil luar biasa !

Sumber :
Kester,Jos. 2004. Focus On Netherlans. Den Haag: Ministry of Foreign Affair, International Information and Communication Division
Foto diunduh dari google

4 komentar:

  1. Indonesia juga mampu kok,sayang aja pemerintah kita kurang percaya sama anak bangsa sendiri. Mereka terlalu byk di cekokin kehebatan orang luar waktu mereka msh kecil. Jd sekarang pas org2 atas berkuasa mereka malah mengagungkan negara lain

    -just comment,no offense-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, Indonesia bisa mengambil hal positif semacam ini untuk menjadikan kedepannya jauh lebih baik :D

      Hapus
  2. Good info :)
    Belanda merupakan negara maju yang sudah mampu mengurus atribut negara dengan baik. Jika dibandingkan dengan negara berkembang seperti Indonesia, mngkin menurut saya bukan hal yang sepadan. Namun, kita bisa sj menduplikasi teknologi yang dimiliki Belanda untuk kemajuan bangsa dengan catatan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ! bagaimanapun kemajuan suatu bangsa sangat bergantung dengan kemajuan teknologinya juga :)

      Hapus