Selasa, 15 Desember 2015

JOURNEY OF LOVE #PART2

Menikah bukanlah suatu hal yang selamanya akan membahagiakan seperti yang ada di cerita dongeng, namun bukanlah pula suatu hal yang perlu ditakutkan seperti film horor. tapi, ternyata pernikahan itu beragam rasa bercampur aduk. Rasa super bahagia, sedih, takut dan saya rasa semua emosi yang terdapat dalam film "inside out" itu bisa jadi turut dominan semua dalam setiap langkah merencanakan proses pernikahan.

Beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap pasangan yang akan menikah atau sedang mempersiapkan diri untuk menikah diantaranya :

  1. Menikah merupakan penyatuan dua keluarga. Hal tersebut tentu bukan hal mudah. Menyatukan dua individu sudah susah, kali ini menyatukan banyak kepala untuk hal penting yang akan kita lalui seumur hidup. Cobaan demi cobaan pasti harus dilalui untuk mencapai satu tahap yaitu : "Dewasa". Kita harus dewasa menyikapi setiap ide yang masuk dari keluarga besar. Apabila ada ide-ide yang dirasakan bertentangan, utarakan pendapat kita secara baik dan perlahan, kalau belum berhasil juga ada baiknya harus mengalah. 
  2. Terkadang masalah juga muncul dari pasangan, perdebatan demi perdebatan menjelang tanggal pernikahan juga akan kita lalui, hal tersebut jangan dianggap sebagai masalah namun anggaplah sebagai pembelajaran untuk lebih mengenal pasangan. Berusahalah agar perdebatan tersebut tidak berlangsung lama.
  3. Diantara banyak hal yang harus diurus menjelang resepsi pernikahan, yang terpenting adalah mengurus KUA karena penghulu yang akan membantu proses akad nikah kita. Apabila tempat akad nikah tidak berada di kecamatan yang sama dengan anda atau pasangan maka harus mengurus surat numpang nikah. Sebagai contoh : akad nikah X dan Y akan dilakukan di kecamatan cilandak. Kebetulan Y bertempat tinggal di kecamatan Cilandak berarti yang mengurus surat numpang nikah hanya X saja. Nantinya X memberikan surat tersebut kepada Y kemudian kelengkapan berkas diserahkan ke KUA kecamatan Cilandak.
  4. Persiapan pernikahan harus dilakukan dengan matang, apabila kita tidak menggunakan EO pernikahan, tentu hal tersebut harus kita tangani sendiri sehingga harus lebih banyak lagi yang dipersiapkan. Kita harus menyusun vendor yang bekerjasama dengan kita dalam menyelenggarakan resepsi pernikahan maupun acara-acara sebelum resepsi seperti ada siraman pengajian, lamaran, dll. Apabila menggunakan adat akan lebih banyak lagi yang harus disiapkan, apabila ingin yang tidak terlalu menyusahkan ada baiknya mengambil tema Nasional.
  5. Penting untuk mengetahui apakah gedung memiliki rekanan katering atau tidak, apabila gedung tidak memiliki rekanan, atau kita merasa ingin menggunakan katering lain yang tidak rekanan dengan gedung ada baiknya kita persiapkan dana kembali biasanya untuk kasus tersebut akan dikenakan charge tambahan lebih kurang 20% oleh gedung untuk catering yang tidak ada dalam daftar rekanannya. 
  6. Resepsi bukan hal yang mudah dan murah. Ajak pasangan dan keluarga bekerjasama untuk hal tersebut, bicarakan dan persiapkan semuanya agar semua proses yang di hadapi dapat berjalan lancar. Dalam hal dana, bisa menabung dari sebelum menyelenggarakan pesta agar saat akan menyelenggarakan pesta semua urusan pembayaran dapat langsung dilakukan dengan mudah. Biasanya untuk segala urusan pembiayaan sudah harus disediakan sejak awal sehingga dibutuhkan adanya kesiapan.
Kebetulan, saat resepsi pernikahan kemarin, saya dan pasangan dibantu oleh keluarga untuk mengurus semua keperluan tanpa menggunakan EO. Gedung yang kami pilih tidak memiliki rekanan ataupun penawaran paket pernikahan. 

Adapun pihak-pihak yang harus kami ajak bekerja sama dalam resepsi pernikahan kami antara lain :

- Penghulu ( tanyakan apakah harus dijemput/tidak, catat nomor hp nya)
- Gedung ( dipersiapkan petugas keamanan dan kebersihan )
- Katering ( dipersiapkan juga untuk acara lamaran, pengajian, akad, resepsi )
- Rias dan Busana 
- Dekorasi dan dokumentasi
- Musik dan MC 
- Photobooth
- Undangan format digital (untuk di share di sosial media) dan dalam bentuk fisik untuk disebar lewat pak pos, gojek, atau diberikan langsung 


Ingat ! Tahun depan harga naik ! Kalau sudah siap, bersegeralah menikah, jangan takut. Menikah itu ternyata sangat menyenangkan ~








Tidak ada komentar:

Posting Komentar